Selasa, 07 April 2015

Budaya Dari Betawi


BUDAYA DARI BETAWI

Pertama-Tama saya akan memperkenalkan diri,Nama saya Rahman Azis sebagai Mahasiswa UNIVERSITAS GUNADARMA Fakultas Teknik Industri,Jurusan Teknik Informatika
Disini saya akan membahan Seni Budaya Dari Betawi Yaitu Tari Topeng dan Tari Lenggang
Tari Topeng



Tarian Betawi Ini cukup lama di kenal oleh masyarakat Betawi adalah Tari Topeng.Dalam Tari Topeng Betawi Anda dapat melihat tiga unsur seni  sekaligus. Yaitu tai,teater dan musik.Musik pengiring Tari topeng Betawi banyak sekali.Topeng Betawi tumbuh dan berkembang di pinggir-pinggir Jakarta.Biasanya di gelar saat ada pernikahan,acara sunatan dan membayar nazar.Dalam Topeng Betawi,Para penari memakai topeng dan bercerita lewat seni gerak.Kinitari topeng Betawi sudah banyak dikreasikan Sehinggan Tarian Betawi pun semakin beragam.
Tari Lenggang


Adalah Wiwik Widiastuti yang mengembangkan Tarian Lenggang Nyai ini Atau lebih di kenal masyarakat dengan sebutan Tari Lenggang Betawi.Wiwik sendiri bukan orang betawi asli,ia adalah orang Yogyakarta.Namu Tari Lenggang Betawi Ini.Dalam Tarian ini dapat melihat ada unsur tanjidor dantari topeng yang kental sekali.
Tarian Betawi Lenggang Nyai ini Bercerita tenteang Nyai Dasima yang berhasil membebaskan diri daripemaksaan.Nyai Dasima pun mampu menentukan arah dan pilihan hidupnya.
Inilah Seni Tari yang ada pada Budaya Betawi dan Masih banyak lagi Tarian yang berasal dari betawi Sebagai generasi muda seharusnya kita bisa melestarikan budaya yang sudah di pertahankan oleh sesepuh kita.Oleh karena itu mulai tanamkan lah dari sekarang bahwa budaya itu harus di lestarikan

Cukup Sekian Wassalammualaikum Wr. Wb.

Narasumber : http://senibudayabetawi.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar