Minggu, 11 Oktober 2015

MENGATASI DAMPAK NEGATIF DARI PERKEMBANGAN INTERNET


Semakin majunya Teknologi Informasi , semakin banyak juga dampak negatif yang dibuat olehnya terhadap kehidupan manusia. Meskipun Teknologi Informasi mempunyai sisi yang positif , tetap saja ia juga mempunyai sisi negatif , yang dimana sisi negatif ini harus kita singkirkan. Contohnya jangan jauh - jauh , kita lihat dunia maya atau biasa disebut dengan Internet .

Dunia maya adalah dunia khayalan , dunia imajinasi atau dunia kedua setelah dunia nyata. Di dunia itu kita dapat berselancar mondar - mandir , kesana - kemari mencari tugas ataupun mencari yang gak jelas yang membuat kita tahu semua yang ada di belahan dunia ini secara cepat dan instan yang diperantarai oleh Web,Blog,Social Network dan sejenisnya .

Dari sini saja kita sudah dapat memahami bahwa Internet mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan manusia. Pada bagian sisi negatifnyalah yang menjadi titik berat para pengguna Internet. Hmmm... Bagaimana cara untuk menghindari atau menanggulangi sisi tersebut?

1.       Berinternetlah dengan Sehat > Maksudnya? Maksudnya berinternet sesuai dengan kebutuhan.
2.       Bermain Internet (Komputer atau yang berhubungan dengan Teknologi Informasi) dengan Bijak > Maksudnya? Gunakan internet dengan mencari hal-hal yang positif
3.       Lakukanlah Kegiatan yang lain > Kita juga punya kehidupan nyata yang harus dijalan.
4.       Tidak mengeklik link yang gak jelas atau link yang diperpendek yang bertujuan untuk menyembunyikan link aslinya (jika menurut anda link tersebut aman silahkan saja , tetapi jika menurut anda tidak aman jangan diklik).
5.       Memblokir situs-situs yang dianggap mempunyai dampak buruk.
6.       Mengurangi waktu bermain Internet atau Komputer.

Sumber : http://www.romadhon-byar.com/2012/09/solusi-untuk-menanggulangi-dampak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar